Rabu, 13 Februari 2013

Fakta Menara Eiffel

Taukah kalian tentang menara Eiffel menara eiffel dikenal dengan keadaan kota parisnya yang romantis dan juga menara eiffel sebagai bangunan bersejarah masuk dalam tujuh keajaiban Dunia. Di bawah ini Fakta menarik tentang Menara Eiffel:



1. Kenapa menara Eiffel di beri sebutan  Eiffel? Karena sebagai tanda kehormatan atas jasa  Gustav Eiffel, Arsitektur yang membangun Eiffel Tower ini. Dulunya Menara Eiffel ini ingin di bangun di Barcelona ,Spanyol. Namun usulannya itu ditolak oleh pihak Barcelona karena dianggap terlalu mahal untuk sebuah menara dengan rancangan yang aneh. Lalu Gustav pun mengusulkannya ke pihak Perancis. Usulannya tersebut diterima, dan kemudian Gustav mendirikan menara Eiffel di Champ de Mars, di tepi sungai Seine di Paris.

2. Ketika diresmikan pada tahun 1889, menara Eiffel menjadi Menara tertinggi sekaligus termegah didunia. Namun pada tahun 1930, gelarnya itu dikalahkan oleh bangunan baru yang disebut Chrysler. Chrysler adalah gedung perkantoran pencakar langit di Kota New York. Chrysler lebih tinggi 18 meter saat itu.

Namun pada tahun 1957, untuk suatu keperluan yang sangat penting bagi negara Perancis, sebuah antena tambahan dipasang di atas menara Eiffel. Dengan adanya tambahan antena tersebut, menara Eiffel menjadi bangunan terting kelima di dunia.

Dan ternyata, yang lebih istimewa lagi, menara Eiffel ini memiliki 3 corak warna. Hal ini lantaran menara ini sangat tinggi, sehingga perancangnya memutuskan untuk memberi 3 corak warna cat untuk mendapatkan efek shading yang indah.

Adapun warna yang lebih gelap berada pada bagian fondasi nya, warna yang lebih terang pada bagian tengahnya, dan yang warna yang paling terang untuk mengecat bagian paling atas menara. Perawatan terhadap menara ini harus menghabiskan 60 ton kaleng cat setiap tujuh tahun sekali agar tidak berkarat.


Selain 3 warna tersebut Eiffel juga mempunyai 2 Restoran yang cukup megah di paris tersebut. Pada tingkat pertama terdapat restoran Altitude 95. Dan pada lantai kedua terdapat sebuah restoran Gastronomic yang mahal bernama Jules Verne. Di sini, Anda dapat mencicipi masakan seorang koki profesional kelas dunia,
Pada tahun 1912, Franz Reichelt adalah penemu parasut terjun dari lantai 3 menara Eiffel. Reichelt ingin melakukan uji coba terhadap penemuan barunya yaitu jaket parasut. Namun penemuan barunya itu tidak berfungsi sebagaimana mestinya sehingga menyebabkan kematiannya.



0 komentar:

Posting Komentar